Minggu, 12 Juli 2015

Obat Sakit Mata Belekan di Apotek

Pernah sakit mata belekan? Saya menduga lebih dari 90% kita menjawab pernah. Penyebabnya, sakit mata belekan mudah menular dan dapat mengenai segala usia, dari bayi sampai orang tua, serta dapat mengenai siapa saja, tak peduli kaya atau miskin.

Selain belek yang berwarna kuning kehijauan, gejala lain sakit mata ini adalah kelopak mata bengkak dan lengket terutama di pagi hari, ada rasa mengganjal di dalam mata, mata merah, keluar banyak air mata, nyeri atau perih, gatal, dan lain-lain. Beratnya gejala biasanya berbeda untuk setiap orang, ada yang ringan saja, tapi ada yang sangat berat hingga tidak bisa membuka mata.

Penyebab sakit mata belekan adalah infeksi bakteri. Makhluk kecil ini berkembang biak di mata sehingga menghasilkan belek dan menimbulkan gejala infeksi mata seperti yang sudah disebutkan. Dalam bahasa medis, sakit mata belekan disebut konjungtivitis bakterial, artinya peradangan konjungtiva (putih mata) yang disebabkan oleh bakteri.

Karena penyebabnya bakteri, maka pengobatan utamanya adalah dengan antibiotik, baik yang berupa tablet atau kapsul yang diminum. Antibiotik juga dapat berupa tetes mata atau salep mata yang langsung diteteskan atau dioleskan ke mata. Antibiotik tablet atau kapsul biasanya diberikan untuk sakit mata belekan yang parah. Fungsi antibiotik di sini adalah untuk membunuh bakteri biang sakit mata belekan. Khusus tetes mata, selain mengandung antibiotik ada juga yang mengandung antinyeri atau antiradang. Gunanya untuk meringankan gejala penyerta seperti nyeri dan bengkak.

Beberapa contoh obat sakit mata belekan di Apotek dari golongan tetes mata adalah Tetes Mata Erla, Cendo Xitrol, atau Alletrol, dan dari golongan salep mata adalah Salep Mata Erla atau salep mata kloramfenikol 1%. Sedangkan tablet atau kapsul antibiotik contohnya amoksisilin, sefadroksil, dan sebagainya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.