Minggu, 14 Juni 2015

Obat Keseleo di Apotek

Pernah keseleo? Tangan atau Kaki? Tak perduli organ apa yang keseleo, yang paling pertama dicari adalah tukang urut. Alasannya, sudah tradisi. Dengan diurut, salah urat saat keseleo dibetulkan dan dikembalikan ke posisinya. Dengan demikian, keseleo akan segera sembuh.

Tapi benarkan pada keseleo, urat benar-benar salah posisi atau bergeser tempat? Bisa jadi ya, tapi pada kebanyakan kasus keseleo, urat tidak benar-benar bergeser. Biasanya urat (barangkali yang dimaksud adalah otot atau tendon) mengalami peregangan atau sedikit robekan. Akibatnya terjadi peradangan yang memicu munculnya gejala-gejala keseleo yaitu nyeri, bengkak, hangat, dan memerah.

Ditinjau dari sudut pandang medis, untuk mengurangi gejala keseleo cukup diberikan obat antinyeri antiradang, misalnya asam mefenamat, tramadol, dan sebagainya. Obat ini dibeli di apotek dan biasanya sangat ampuh. Jika kasusnya ringan, gejala akan berkurang dalam hitungan jam.

Bagaimana kalo diurut? Boleh-boleh saja, tapi jangan di sendi tempat keseleo terjadi, tapi di atas atau di bawahnya. Jika diurut di sendinya, apalagi jika digoyang-goyang, diregang-regang, maka keluhan akan bertambah.

Tambahan lagi, jika ada pergeseran sendi (dislokasi), mending ga usah diurut, langsung aja bawa ke Rumah Sakit.

Semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.